e-Book Penilaian Berorentasi Hots | SD SMP SMA
Penilaian
menurut Permendikbud No. 23 Tahun 2016 adalah proses pengumpulan dan pengolahan
informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Proses
tersebut dilakukan melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen,
dan berasal dari berbagai sumber agar lebih komprehensif. Penilaian harus
dilakukan secara efektif. Oleh sebab itu, pengumpulan informasi yang akan digunakan
untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik harus lengkap dan akurat
agar dihasilkan keputusan yang tepat.
Pengumpulan
informasi pencapaian hasil belajar peserta didik membutuhkan Teknik dan
instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristik penilaian
masing-masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD
sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik.
Untuk
mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator
pencapaian kompetensi (IPK). IPK digunakan sebagai acuan penilaian. Pendidik
atau satuan pendidikan (sekolah) juga harus menentukan pencapaian kriteria
ketuntasan minimal (KKM).
Penilaian
tidak hanya difokuskan pada hasil belajar, tetapi juga pada proses belajar. Peserta
didik dilibatkan dalam proses penilaian terhadap dirinya sendiri dan penilaian
antar peserta didik (penilaian antar teman) sebagai sarana untuk berlatih melakukan
penilaian.
Sasaran pengguna Buku Penilaian ini adalah sebagai berikut:
1. Guru
jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah
Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif
dan normatif.
2. Guru
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar
Biasa (PLB).
3.
Kepala
Sekolah /Madrasah.
4. Pengawas Sekolah /Madrasah.
Silahkan unduh eBook Penilaian Berorentasi Hots