Cara Membuat Soal Ujian Online di Google Form

Para Bapak dan Ibu guru sekalian yang terhormat. Dikesempatan libur (Lockdown) covid-19 selama 14 hari anak-anak didik kita diliburkan, Kali ini saya akan berbagi ilmu cara  membuat pembelajaran online salah satunya Cara Membuat Soal Ujian Online. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka google drive dan login dengan akun google anda (Jika belum punya akun google silahkan buat).

2. Setelah google drive dibuka, silahkan pilih menu "My Drive" ===> Pilih More ==> Pilih Google Forms ==> Pilih Blank Form atau Form a template. Lihat gambar di bawah :


3. Misalkan kita memilih blank form, maka kita akan disajikan berupa form sperti berikut :


Pada "Form litle" isi dengan judul latihan soal yang akan kita buat misalkan "Latihan Soal IPA". selanjutnya jika kita ingin membuat menu baru atau soal baru Klik tanda Plus (+) seperti di samping kanan pada gambar atas. Ketentuan untuk membuat menu sebagai berikut :

a. Membuat kolom nama atau tempat lahir.
Ketika kita membuat kolom nama maka kita pilih pada tombol segitika dengan "short answer" jika mebutuhkan kata yang banyak bisa dengan memilih "Paragraph". Namun, biasanya pilihan "Paragraph" digunakan untuk kolom soal isian atau uraian yang memerlukan banyak kata atau komentar.

b. Membuat tanggal lahir 
Ketika kita akan membuat menu tanggal maka kita plih pada tombol segi tiga dengan "Date". agar siswa nanti bisa mengatur sendiri tanggal lahirnya.

c. Membuat menu Pilihan Kelas
Pilihan Kelas kita atur pada tombol segi tiga dengan "Dropdown" yang nanti akan kita isi dengan rombel kelas dan anak nanti bisa memilih rombel kelasnya masing-masing

d. Membuat kolom Password atau Token soal.
Silahkan klik tanda (+) dan pilih pada tombol segi tiga dengan "short answer". kemudian setelah menu muncul kita atur "Response validation" agar tidak semua anak bisa masuk ke menu soal tanpa kode token atau password yang tepat. lihat gambar berikut ini :


e. Membuat Soal pilihan ganda
Pilih tanda (+) untuk membuat soal dan plih pada tombol segi tiga dengan pilihan "multiple choice" untuk mengisi pilihan ganda A, B, C, atau D. Jika soal berupa isian atau uraian bisa menggunakan pilihan "short answer" atau "paragraph".

untuk mengatur kunci jawaban silahkan ke menu setting ==> pilih Quizzes dan aktifkan menu "Make this a quiz". pada Respondent can see: ceklis "correct answers" dan "point values" aga saat anak selesai menerjakan soal dan berhasil terkirim maka anak bisa melihat score yang diperoleh dan bisa melihat jawaban yang benar. lihat gambar berikut :



untuk membuat balasan ketika anak selesai mengerjakan soal dan sukses mengirim jawaban. Pilih menu setting ==> pilih presentation ==> ceklis Show link to submit another response dan isikan pada kolom Confirmation message: dengan contoh " Terimakasih anda telah menyelesaikan Ujian". 

untuk mengatur berpa kesempatan untuk mengikuti atau menjawab soal ujian atau ulangan tersebut ceklis Requires sign in:

Limit to 1 response (siswa diberikan 1 kali kesempatan menjawab soal) jika tidak diceklis maka anak dibebaskan untuk beberapakali mengulang menjawab soal ujian tersebut.

setelah menu "general", "presentation"; dan "quizzes" selesai disi klik save agar data ter simpan. dan yang terakhir joba soal kita kerjakan dengan klik Preview (simbol mata) dan lihat hasilnya soal yang Bapak/Ibu bikin.

f. Membuat menu upload file
    Pilih tanda (+) untuk menambah menu upload kemudian pada simbol tombol segitiga pilih upload dan silahkan atur masimal upload dannekstensinya pdf atau jpg.



Sekian share cara membuat Soal Latihan Online. Semoga bermanfaat.





Related

Panduan ubah data GTK di Dapodik 1955476001239544979

Post a Comment

emo-but-icon

AGENDA SDN AIRLANGGA

Rencana PTS Genap

06-11 Maret 2023

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Hot in week

Recent

Test

SIMULASI PAS GANJIL || Waktu Tersisa Tunggu yaa

PPDB ONLINE

Connect Us

item