Soal Latihan Tes PPPK Guru Kelas
1. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan
teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan
teknologi merupakan kompetensi pada aspek ….
A.
Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
B.
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran
C.
Pengembangan kurikulum
D.
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
E.
Berkomunikasi pada peserta didik
2. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara ransangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (respon) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semkin kuatlah hubungan keduanya (law
of exercise). Teori balajar yang dimaksud adalah ….
A.
Behaviorisme
B.
Kognitif
C.
Humanistic
D.
Sibernetik
E.
kontruktivisme
3. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi dimana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-cobam (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau Menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ….
A.
Sibernetik
B.
Kognitif
C.
Humanistic
D.
Behaviorisme
E.
kontruktivisme
4.
Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran
untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh
peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ….
A.
Silabus
B.
RPP
C.
Silabus dan RPP
D.
SKL
E.
Lembar Penilaian
5. Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan
selalu bertemu dengan istilah Silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama
sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ….
A.
Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan
kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan,
sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C.
RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan Silabus dibuat
oleh tim guru
D.
Silabus dan RPP keduanya disusun oleh setiap satuan
Pendidikan
E. Dalam Silabus dijelaskan metode, media pembelajaran,
sumber belajar, Langkah-langkah pembelajaran, dan evaluasi secara rinci
6. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara
lain; berfikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfifikr siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah …. A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem
Solving
D. Picture
and Picture E. Kontekstual
7. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan
tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah
dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ….
A.
Memberikan acuan
B.
Melaksanakan tes awal
C.
Memberikan bimbingan
D.
Membuat kaitan
E.
Mengingatkan motivasi
8.
Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang
tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswanya sehingga kesulitan dalam
mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar
demikian yaitu ….
A.
Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang
salah terhadap prestasi belajar
B.
Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan
aspirasinya secara rasional
C. Ciptakan iklim social yang sehat antara guru dengan
siswa, dan antar siswa di dalam kelas
D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses
pembelajaran
E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang
menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
9. Factor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru
dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah dalam proses pembelajaran adalah
….
A.
Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.
Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C.
Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran
D.
Motivasi belajar siswa
E.
Ruang yang tersedia
10.
Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi
belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkab motivasi dan prestasi
belajar rendah karena ….
A.
Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia
sarana belajar yang lengkap
B.
Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bermain
C.
Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
D.
Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
E.
Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
11. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat
menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam
pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait
dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah ….
A.
Guru harus mengetahui latar social budaya siswa dan
sekolah
B.
Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran dengan
media
C.
Guru harus memahami karakteristik dari media
pembelajarann tersebut
D.
Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah
E.
Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran
12. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ….
A.
Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang
berbasis TIK
B.
Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C.
Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya
D.
Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu
kegiatan pembelajaran
E.
Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar
tidak mmerepotkan
13. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran
yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat
kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media
gambar atau tayangan video yang berisi system peredaran darah. Fungsi media
dalam pernyataan tersebut adalah ….
A.
Menampilkan objek yang terlalu besar
B.
Menampilkan objek yang sulit diamati
C.
Membuat konkrit konsep yang abstrak
D.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang
E.
Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar
14. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan masalah
sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru
berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penunutun (a
guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang
mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran …. A. Project
Based Learning
B. Kontekstual
C. Discovery
Learning
D. Problem
Based Learning
E. Inquiry
Learning
15. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang
mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pedapat, ide, dan tanggapan
terhadap scenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam
alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan gur tersebut merupakan
implementasi strategi pembelajaran ….
A.
Project Based Learning
B.
Inquiry Learning
C.
Discovery Learning
D.
Kooperatif
E.
Problem Based Learning
16. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjungan ke
suatu Lembaga, namun sesampai di Lembaga tersebut belum ada petugas dan naras
umber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai
pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori,
pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu ….
A.
Waktu belajar cukup banyak
B.
Sumber belajar hanya dimiliki pendidik
C.
Sedikitnya jumlah guru
D.
Ruang kelas yang terbatas
E.
Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran
17.
Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran
dengan model pembelajaran Project Based Learning:
1)
Penentuan pertanyaan mendasar
2)
Mendesain perencanaan projek
3)
Menyusun jadwal (create a schedule)
4)
Memonitor peserta didik dan kemajuan projek (Monitor
the Students and the Progress of the Project)
5)
Menguji hasil (Assess the Outcome)
6)
Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience) Urutan
yang benar adalaah ….
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-2-4-3-5-6
C. 1-3-2-4-5-6
D.
1-3-2-5-6-4
E.
1-2-3-5-4-6
18.
Perhatikan Langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang
masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
2) Orientasi
siswa pada masalah
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
Jika Langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan
model pembelajaran Problem Based Learning, urutan Langkah yang tepat adalah ….
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 2-3-1-4
D. 3-2-1-4
E. 2-3-1-4
19.
Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada
Langkah-langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena social di
sekeliling sekolah dan hasil pengamatan ditulis, disusun menjadi laporan serta
didiskusikan Bersama guru dan teman sekelas, pilihan strategi yang digunakan ….
A.
Discovery
B.
Heuristik
C.
Pemecahan Masalah
D.
Belajar Aktif
E.
Project Based Learning
20.
Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan
strategi pembelajaran kooperatif.
Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran
kooperatif adalah ….
A.
Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
B.
Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
C.
Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
D.
Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis
E.
Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis,
penghargaan kelompok
21.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) / Kriteria Belajar Minimal (KBM).
KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk
menentukan KKM diperlukan factor-faktor ….
A.
Kompleksitas indicator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.
Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru
D.
Kompleksitas indicator, daya dukung, dan intake siswa
E.
Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan
intake siswa
22.
Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) / Kriteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi
KKM/KBM, kecuali ….
A.
Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
B.
Merupakan target satuan Pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan
evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah
D.
Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi
sekolah
E.
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat
dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif
23.
Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan
penilaian terhadap prilaku siswa, maka instrument yang digunakan dalam proses
pembelajaran tersebut adalah ….
A.
Pedoman observasi
B.
Kuesioner
C.
Tes tulis
D.
Pedoman wawancara E. Tes hasil belajar
24.
Setiap kali di akhir pembelajaran seorang guru akan
melakukan proses penilaian. Sebelum guru Menyusun soal-soal untuk menilai hasil
belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajarai ….
A.
Buku sumber yang digunakan
B.
Kurikulum dan Silabus
C.
Karakteristik siswa
D.
Indicator Pencapaian Kompetensi
E.
Kemampuan awal siswa
25.
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut
….
A.
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
B.
Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran lebih
tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.
Diberi soal serupa untuk memastikan tingkat
keberhasilan belajar
E. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan yang tinggi
26. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang
dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk
mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut
merupakan contoh penilaian otentik berbentuk ….
A.
Penilaian projek
B.
Penilaian kinerja
C.
Penilaian portofolio
D. Penilaian antar teman
E. Penilaian diri
27. Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang
prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan
remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di
bawah ketuntasan belajar belajar yaitu ….
A.
Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses
belajar mengajar biasa
B.
Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan tes
diagnostic
C.
Sasaran terpenting pengajaran remedial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D.
Strategii yang dipilih hanya berbentuk tes ulang
E.
Agar prestasi sekolah menjadi meningkat
28.
Seorang guru ingin melakukan remedy, maka salah satu
prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa
yaitu tampak dalam kegiatan berikut ….
A.
Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa
peserta remedial
B.
Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat
dengan memperhatikan hasil temuan analisis hasil evaluasi belajar siswa
C.
Menurunkan standar ketuntasan belajar
D.
Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda
sama sekali dengan rancangan yang ada
E.
Merancang tes ulang saja tanpa ada pengulangan
penjelasan materi
29. Jika seorang guru ingin maelakukan penilaian portofolio
pada proses pembelajaran, maka penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan
cara ….
A.
Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas
siswa
B.
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian
dan sumatif tiap siswa
C.
Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah
diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai
bukti hasil belajar
E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan
tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu
dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial
30.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang
memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 orang sehingga mengikuti program remedial,
sedangkan yang dinyatakan tuntas mengikuti program pengayaan. Kegiatan
pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara ….
A.
mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B.
Diberikan bahan ajar berupa modul
C.
Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
D.
Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
E.
Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
KUNCI JAWABAN SOAL TES PPPK (GURU KELAS)
1.
B 6. C 11. C 16. B 21. D 26. B
2.
A 7. D 12. D 17.
A 22.
E 27.
C
3.
E 8. E 13. C 18. C 23. A 28. D
4.
B 9. B 14. A 19. A 24. D 29. D
5.
A 10. D 15. E 20. A 25. E 30. A