Ringkasan Materi TIU CPNS 2019

SDN Airlangga Subang : Kemampuan peserta tes CPNS dalam hal yang berkaitan dengan penalaran verbal, kuantitatif, logika, dan analisis. Kemampuan ini berguna dalam menghadapi dunia Tes Intelipelayanan publik di berbagai instansi pemerintahan seperti kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat I dan II, dalam hal memecahkan masalah dan pengambilan suatu keputusan atau kebijakan yang merupakan hasil dari pertimbangan menggunakan akal dan penalaran. Diharapkan keputusan atau kebijakan yang diambil berdasarkan suatu pertimbangan/penalaran yang logis atau masuk akal. Oleh karena itu, kemampuan ini dapat Anda latih dengan mengerjakan latihan soal Tes Inteligensia Umum yang terdiri dari: 
1. Penalaran verbal/kebahasaan. 
2. Penalaran nonverbal/angka/numerik/ kuantitatif. 

Penalaran verbal terdiri atas sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), dan analogi (korelasi makna/ padanan kata). TIU pada bagian ini bertujuan mengukur pemahaman seseorang terhadap kata. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk menguasai pembendaharaan kata (kosakata) sebaik mungkin, karena pada bagian ini terkadang Anda diminta untuk menentukan kata yang mempunyai arti yang paling dekat atau paling berlawanan dengan yang diberikan. Dengan kata lain, melalui tes ini, perbendaharaan kata seseorang dapat diketahui. 

TIPS: 1. Biasakan dan gunakanlah 

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Saat ini telah tersedia Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online maupun offline, Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengakses  http://kbbi.web.id/ 2. Tambah perbendaharaan kata Anda setiap harinya de ngan membaca berita dari media cetak atau men dengarkannya melalui media elektronik, kemudian cari tahu makna atau definisi katanya melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).  

Terkadang beberapa kata yang disajikan merupakan kata yang tidak umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dibutuhkan penguasaan perbendaharaan kata (kosakata) sebaik mungkin sehingga kemampuan dalam menentukan kata yang mempunyai arti yang paling dekat dengan kata yang diberikan di soal menjadi kuncinya. 

TRIK: 
Perhatikanlah pola soal dan pola jawaban. Dengan demikian, Anda akan semakin terlatih dan mahir menjawab dengan tepat. 



Ringkasan materi TIU TKD CPNS 2019 Unduh di sini

Related

Ringkasan Materi TWK CPNS 2019 14122566816598561

Post a Comment

emo-but-icon

AGENDA SDN AIRLANGGA

Rencana PTS Genap

06-11 Maret 2023

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Hot in week

Recent

Test

SIMULASI PAS GANJIL || Waktu Tersisa Tunggu yaa

PPDB ONLINE

Connect Us

item