Rasionalisasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia



Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan, yaitu pada tahun 1947 (Leer Plan /Rencana Pelajaran), 1952 (Rencana Pelajaran Terurai), 1964 (Rencana Pendidikan), 1968 (Kurikulum 1968), 1975 (Kurikulum 1975), 1984 (Kurikulum 1984), 1994 (Kurikulum 1994), 1999 (Suplemen Kurikulum 1999), 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi/ KBK), 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/ KTSP), 2013 (Kurikulum 2013/ Kurtilas).
 Sumber Gambar: Bahan Bacaan Guru Pembelajar 


Sangatlah Rasional ! Kurikulum Pendidikan di Indoneisa harus dikembangkan, Alasannya :

1. Tantangan Internal yang menutut kita pada pencapaian 8 standar pendidikan dan faktor pertumbuhan penduduk pada usia produktif

2. Tantangan eksternal.
banyaknya tantangan diluar yang menutut harus dikembangkannya kurikulum diantarnya (1) tantang masa depan yang mana kita hidup di era global (2). Persepsi masyarakat bahwa selama ini pendidikan indonesia lebih menitik beratkan pada ranah kognitif dari pada afektif dan psikomotorik (3). tuntutan perkembangan pengetahuan dan pedagogi seperti neurologi,psikologi inquery, discovery learning, dan collaboratif learning dan perkembangan metode pembelajaran lainnya. (4). munculnya prilaku negatif di kalangan pelajar.

Dari perihal permasalahan tersebut Pemerintah lewat Kemdikbud harus menganalisa (analysis SWOT) baik Kekuatan , Kelemahan , Peluang, dan tantangan untuk mengembangkan Kurikulum agar mencapai target yang pembangunan mental bangsa yang maju dan bermartabat.
Semoga Pengembangan Kurikulum di Indonesia tidak sekedar kata belaka. Namun, mampu menjawab dan memecahkan permasalahan bangsa yang hebat ini. Aamiin...

Post a Comment

emo-but-icon

AGENDA SDN AIRLANGGA

Rencana PTS Genap

06-11 Maret 2023

00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Hot in week

Recent

Test

SIMULASI PAS GANJIL || Waktu Tersisa Tunggu yaa

PPDB ONLINE

Connect Us

item